• Background Image

    Dari Sweek Keeper: mengatasi stuck saat menulis

    May 23, 2018

May 23, 2018

Dari Sweek Keeper: mengatasi stuck saat menulis

Cara mengatasi STUCK saat menulis.

Hal yang paling sering dialami penulis salah satunya adalah STUCK. Berawal dari stuck berakhir dengan kebingungan lalu timbullah cerita baru, dan cerita lama terbengkalai. Bagaimana sih cara mengatasi stuck dalam menulis? Ini pertanyaan yang sering terlontar jika ada forum menulis.

Tapi pernahkah terpikirkan apa sih yang membuat kita stuck? Biasanya stuck datang ketika kita menulis sembari mengedit. Baru nulis sedikit, edit, merasa buruk lalu edit lagi. Hasilnya kita belum menulis apapun karena sibuk edit. Pada akhirnya nggak percaya diri dengan tulisan sendiri dan stuck. Nah sebaiknya sebelum stuck terjadi menulislah tanpa mengedit. Tulisah semua yang ada di pikiran. Jika semua selesai barulah mengedit.

Tapi jika stuck sudah menjangkit nih, aku punya solusinya. Di sini aku akan berbagi pengalaman dalam mengatasi stuck yang selama ini sudah aku praktikkan.

  1. Baca

Baca di sini bisa baca ulang cerita yang tengah ditulis dari awal agar kita menemukan feel cerita itu lagi. Sehingga ide melanjutkan cerita timbul lagi.

Bisa juga baca cerita atau artikel yang bisa menambah wawasan kita. Sehingga akan tercetus ide untuk melanjutkan cerita yang tengah ditulis.

  1. Nonton

Nonton bisa membuat kita menemukan bahan baru untuk sebuah tulisan. Tapi bukan berarti kita meniru serta-merta. Kita bisa mengambil info yang ada di drama atau film yang kita tonton untuk dimasukkan dalam cerita sebagai ide.

  1. Musik

Mendengarkan musik bisa mengembalikan mood kita yang sedang kurang bagus. Atau dari liriknya kita bisa menemukan ide baru.

  1. Jalan-jalan

Yap, ini hal paling menyenangkan untuk mengembalikan mood dan feel nulis yang hilang. Dengan jalan-jalan kita bisa mengamati sekitar, membaca quote atau tulisan yang ada di tempat kita main. Misal kita jalan ke café, kita bisa mengamati orang-orang sekitar, apa sih yang mereka lakukan sehingga bisa kita masukkan dalam cerita, dan kita bisa membaca quote yang biasanya tertulis di dinding-dinding café.

  1. Kumpul dengan teman

Dengan kumpul bersama teman kita bisa merasa bahagia. Dari obrolan-obrolan bersama teman bisa jadi sebuah ide yang cemerlang. Terkadang dari obrolan basa-basi bisa mencari cerita yang luar biasa. Misal ada teman yang cerita soal teman kuliahnya, teman kerjanya. Nah, itu bisa jadi masukan tanpa disengaja.

Itulah 5 tips mengatasi stuck dalam menulis. Kalau kamu merasa ini bermanfaat, bagikan tulisan ini untuk membantu orang lain yang juga mengalami stuck. Happy writing!

 

Love, ai

Artikel ini ditulis oleh salah satu Sweek Keeper bernama Ainun Nufus @ainunufus yang hobinya menulis cerita ber-genre teen romance. Ainun Nufus adalah penulis aktif yang sudah menerbitkan beberapa bukunya. Lihat profilnya disini. Bagikan masalah menulis kalian di kolom komentar supaya kami bisa menemukan solusinya! 🙂

2 Comments
  • khoirunnisa, August 6, 2018 Balas

    makasih caranya tim sweek

  • Aby, November 3, 2018 Balas

    Thanks tim sweek


Leave A Comment

Tinggalkan Balasan